Hai!

Lama nggak nulis, diajak ngetik jari-jari ini rasa kaku jadinya. Otak juga gak gablek ide, seakan dunia ini sudah kehabisan topik yang menarik untuk ditulis.

Okay so, selama gak nulis, saya sibuk sendiri. Sempat kerja di stasiun TV dan itu menyita hampir seluruh waktu saya sampe akhirnya saya memutuskan out setelah 40 hari bertahan dengan jam kerja yang panjang dan gaji yang… yaaah gitu deh… Meski sebetulnya saya kerja di situ nggak nyari duitnya, tapi lama-lama tersiksa juga. Tiap hari kerja bisa 10 jam, kadang 12 jam nggak ketemu anak-anak. Pulang kerja anak-anak sudah tidur. Pagi baru bangun tidur badan saya sudah capek duluan, gak ada tenaga buat ngurus anak-anak. Weleh, boro-boro ngurus anak… buat main sama anak aja gak kuat.

Trus keluar… ngurusin bisnis yang seret. Kadang berkebun dan menyaksikan kematian demi kematian tanaman saya yang kalo dilihat dari usianya sebetulnya belum pantas mati. Kadang ya nyanyi-nyanyi kalo pas kurang kerjaan. Kalo lagi iseng notok, nyanyinya sambil direkam, trus kalo lagi pede ngepol… upload ke Soundcloud.

 

Sudah dulu. Mau nyiapin sarapan… Nanti sore saya ngoceh lagi :D

6 Elemen Kimia Yang Menarik dan (Sempat) Bikin (Saya) Penasaran

 VANADIUM (V-23)

1-vanadiumDitemukan pada tahun 1801, nama Vanadium diambil dari nama seorang dewi Norwegia, Vanadis, karena warna-warnanya yang cantik. Tapi bukan sekedar cantik, ia juga mineral yang sangat kuat — bahkan terlalu kuat jika digunakan langsung tanpa dicampur bahan lain.

85% dari keseluruhan produksi vanadium disalurkan untuk produksi baja. 10% untuk produksi mesin jet (dicampurkan dengan titanium), dan 5% sisanya untuk kebutuhan lainnya.

Di sisi lain, elemen satu ini merupakan elemen dasar bagi beberapa makhluk hidup seperti hewan laut bernama bulu babi. Pada tubuh manusia, vanadium dapat berperan seperti insulin, dan dapat juga membantu meningkatkan efek insulin. Karena itu, vanadium kerap digunakan dalam perawatan penderita diabetes, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya seperti gula darah rendah, kolesterol tinggi, penyakit jantung, TBC, sifilis, anemia, edema, kanker, juga untuk meningkatkan performa dalam olahraga angkat beban.

GERMANIUM (Ge-32)

2-germaniumGermanium tersedia dalam dua bentuk: organik dan non-organik. Germanium non-organik yang merupakan hasil sampingan dari pemrosesan mineral seng (zinc), lazim dikenal sebagai bahan pembuatan transistor, IC dan sejumlah komponen elektronik lainnya. Sedangkan germanium organik dikenal dapat membunuh bakteri dan ditemukan dalam bahan makanan seperti ginseng, bawang putih, serta lidah buaya.

KRYPTON (Kr-36)

3-kryptonKrypton adalah gas tak berbau, tak berwarna, dan tak beracun yang langka. Kita bisa menemukan krypton (dikombinasikan dengan argon) dalam lampu fluorescent rumahan, juga lampu flash untuk fotografi. Mungkin itulah kenapa Superman tak pernah muncul di sekitar kita — takut sama lampu dan kamera foto!

Meski tergolong tak beracun, menghirup krypton dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan pusing, mual, muntah, atau bahkan tak sadarkan diri. Kematian dapat terjadi jika korban pingsan di tengah jalan tol yang ramai lancar :P

RUTHENIUM (Ru-44)

4-ruthenium

Dengan titik didih di atas 4000 °C, ruthenium merupakan salah satu anggota keluarga mineral platinum (anggota lainnya: rhodium, palladium, osmium, iridium, dan tentu saja, platinum). Ia juga tergolong sangat langka dan biasanya hanya digunakan untuk membuat platinum dan palladium jadi makin anti-aus. Menariknya, ruthenium juga digunakan pada beberapa tipe pena Parker. Seperti pada Parker 51 yang ujungnya bertanda ‘RU’, terdapat kandungan 96,2% ruthenium dan 3,8% iridium.

CESIUM (Cs-55)

5-cesiumBerwana emas keperakan, cesium adalah satu dari beberapa macam metal yang mencair pada suhu 28,4 °C atau suhu ruang, dan merupakan elemen yang sangat reaktif. Jika terkena air, cesium akan meledak dan meninggalkan cesium hidroksida (CsOH) yang dapat mengikis kaca dengan cepat.

Cesium dikenal sebagai bahan. yang digunakan dalam jam atom seperti NIST-F1 milik Amerika Serikat yang sangat akurat. Jam atom seperti ini diperkirakan tidak akan meleset sedetikpun dalam kurun waktu lebih dari 60 juta tahun. Pertanyaannya, apa jam atomnya bakal masih ada 60 juta tahun nanti?

HOLMIUM (Ho-67)

6-holmiumMeski tergolong langka, sebetulnya jumlah holmium di dunia ini 20 kali lebih banyak dibanding perak. Namun, seperti halnya elemen-elemen langka yang lain, holmium umumnya bukan elemen bebas — ia diperoleh dari dalam mineral lain seperti monasit dan bastanasit.

Holmium memiliki sifat magnetik yang luar biasa. Karena keistimewaannya ini, ia digunakan dalam produksi magnet. Dalam bentuk lainnya, yakni Holmia (holmium oxide) digunakan untuk membuat kaca berwarna kuning atau merah. Meski nampaknya agak beracun, holmium dapat menstimulasi kerja sistem metabolisme tubuh dan dipakai dalam perawatan penderita kanker serta batu ginjal. Tambang holmium terbesar ada di Cina, Amerika Serikat, Brazilia, India, Sri Lanka dan Australia.


 

PS: Dikumpulkan dari USGS Minerals, Chemicool.comCancer.org dan Lenntech.com. Mohon dikoreksi bila ada informasi yang tidak akurat.

6 Bintang Laut Tercantik di Dunia (versi anak saya hehe…)

Crown-of-thorns starfish (Acanthaster planci)

Seperti diisyaratkan dalam namanya,  hewan ini memiliki duri-duri di sekujur tubuhnya — dan durinya berbisa, pemirsa! A. planci tersebar luas di seluruh dunia, terutama di perairan subtropis dari Laut Merah hingga Samudera Hindia, juga dari Samudera Pasifik sampai pesisir barat Amerika Tengah.

A. planci dewasa biasanya berukuran 25-35 cm dengan 21 tangan. Sebagai pemakan terumbu karang, seekor A. planci dewasa bisa melahap 6 meter persegi terumbu karang setiap tahunnya. Karena itu, spesies ini bisa menjadi ancaman terhadap kelestarian terumbu karang  jika populasinya terlalu tinggi.

Egyptian sea star (Gomophia egyptiaca)

Egyptian sea star atau Bintang Laut Mesir hanya ditemukan di pesisir Afrika Timur dan Madagaskar pada kedalaman sekitar 6-7 meter. Seperti kebanyakan bintang laut lainnya, G. egyptiaca bisa meregenerasi sendiri bagian-bagian tubuhnya yang rusak, terputus atau sengaja dilepaskannya sendiri untuk mengelabui lawannya.

Granulated sea star (Choriaster granulatus)

Bintang laut nan gembul ini dapat ditemukan sedang asik makan lumut, terumbu dan bangkai-bangkai hewan di atas karang perairan dangkal di seluruh dunia. C. granulatus dapat tumbuh hingga 27 cm.

Panamic cushion star (Pentaceraster cumingi)

Anggun dan lemah gemulai, mungkin bisa jadi sebutan yang cocok buat P. cumingi. Spesies ini dapat ditemukan di sekitar Semenanjung Panama dan Kepulauan Mutiara hingga ke bagian utara Samudera Pasifik. Mereka adalah pemangsa remis dan teritip dan dapat tumbuh hingga 45 cm.

Fakta menariknya, P. cumingi butuh waktu hingga 6 jam hanya untuk ‘mengunyah’ seekor remis. Itulah kenapa saya menyebutnya lemah gemulai.

Royal starfish (Astropecten articulatus)

Di sepanjang pesisir timur Amerika Utara, ada satu jenis bintang laut cantik bernama Royal Starfish (Astropecten articulatus) atau mungkin Bintang Laut Raja jika dibahasa-indonesiakan. Meski dapat hidup di kedalaman 2 km, A. articulatus lebih suka tinggal di kedalaman 200-300 meter di bawah laut.

Tidak seperti kebanyakan jenis bintang laut lainnya, A. articulatus memakan mangsanya utuh-utuh. Cangkang kerang atau rumah siput laut bukan masalah karena mulut mereka mempunyai 5 rahang yang kuat. Tangan A. articulatus dapaat tumbuh hingga 9 cm.

Sunflower star (Pycnopodia helianthoides)

Bintang laut matahari adalah jenis bintang laut terbesar di dunia. Ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan 16-24 tangan. Meski berukuran raksasa, bintang laut ini tergolong gesit. Mereka bisa bergerak secepat 1 meter per menit dengan menggunakan 15.000 kakinya yang berbentuk tabung-tabung kecil di bagian bawah tubuhnya.

P. helianthoides dapat ditemukan sedang menyantap bulu babi, kerang, atau siput laut di pesisir Amerika Utara, mulai Alaska hingga California.

 

PS: Sekedar catatan buat dongengin anak saya. Dikumpulkan dari berbagai sumber (terutama Wikipedia hehe…) keakuratan informasi mungkin perlu diragukan.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 729 pengikut lainnya.