Pretty Unschooled

Tito yang 3 taun lalu ribut minta sekolah, sekarang sudah nggak mau sekolah lagi.

Jumat kemaren dia pulang dalam keadaan muram. Saya tanya kenapa, dia cuma bilang dia gpp cuman capek. Oke, saya suruh tidur siang sebentar.

1 jam kemudian saya bangunkan Tito buat siap-siap berangkat ekskul seni lukis. Dia geleng-geleng doang. Trus tidur lagi.

Sabtu, Minggu, libur. Senen pagi saya bangunkan Si Tito, dia bangun tapi cuma diam. Nggak turun dari kasur. Mungkin lagi jenuh. Ya sudah, biarin bolos lah.

Selasa, sama kayak hari Senin. Rabu juga. Akhirnya tadi malam saya ajak Tito ngobrol.

Saya: Tito sudah 3 hari bolos lho. Besok sekolah nggak?

Tito: *geleng-geleng*

Saya: Tito masih niat sekolah apa nggak?

Tito: *nunduk trus geleng-geleng*

Saya: Kenapa?

Tito: Tito takut.

Saya: Takut apa? Takut dimarahin Bu Guru?

Tito: *ngangguk*

Saya: Tito kan pintar, baik hati, nggak nakal, nggak bakal ada guru yang tega marahin Tito…

Tito: Tapi kemaren pas terakhir sekolah tuh, Tito liat teman Tito dipukul pake penggaris kayu yang besar itu lho Ma… tangannya yang dipukul, sama Bu Guru… Tito sampe tutup mata nggak berani liat tangannya teman Tito berdarah…

Shocked.

Hareee geneee…?? Ada guru yang masih berani main fisik ke muridnya?? Dan ini kelas 1 SD! Anak seumuran gitu nakalnya paling apa sih? Bukan judi di kelas, bukan ngedarkan narkoba atau bawa sangu Jack D kan?! Kok pake pukul segala? Rasanya pengen langsung lapor ke polisi tapi… lha yang dipukul bukan anak saya…

Trus tadi pagi emak saya main ke rumah. Liat Tito nggak sekolah, dia tanya kenapa nggak sekolah, saya ceritakan kisah di atas. Daaan… emak pun menambahkan, anaknya adek saya, namanya Melissa, yang mana adalah satu sekolah sama Tito dan sama-sama kelas 1 SD (cuman beda kelas) juga menampakkan gejala-gejala yang sama: ogah-ogahan berangkat sekolah dan sering pulang sekolah dengan wajah murung. Melissa ini sudah beberapa kali bilang nggak mau sekolah tapi terus dipaksa sekolah karena… you know, mempertimbangkan masa depan si anak. Kalo saya sih dari awal pengennya anak saya homeschool aja. Cuman dulu kan Tito getol minta sekolah dan setelah sekolah dia berusaha mempertahankan status kesiswaannya, jadi saya sekolahkan terus. Sekarang nggak mau sekolah, ya udah…

Saya: Biar belajar di rumah aja lah…

Emak saya: Iya, ijazah beli aja kan banyak.

wpid-img_20140827_114608_0.jpg

Kerjaan Ini Sedang Membosankan

Di antara beberapa jenis kerjaan yang saya tekuni, nrenslet adalah salah satu pekerjaan paling membosan buat saya. Banyak job trensletan yang saya tolak dengan senang hati karena… males. Malesnya karena ya membosankan itu tadi. Selain bosan, seringkali saya rasakan nrenslet itu kerjanya nggak bisa santai. Nggak kayak ngedit media visual atau mixing sound. Berkutat dengan kode-kode CSS/HTML pun masih lebih menyenangkan dibanding nrenslet. Otak ini rasanya kayak disikat-sikat, diucek-ucek trus dijemur. Trensletan belum selesai, otak saya sudah kering.

21

Disuruh nyari-nyari padanan kata yang pas, otak saya langsung ngumpet di lambung. Belum lagi kalo tulisan yang ditrenslet itu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan mbulet, dengan frase bertumpuk, dengan anak kalimat plus cucu-cicit kalimat dalam satu paragraf yang berisi cuma satu kalimat yang panjangnya kira-kira dua kali panjangnya kalimat ini. Baru liat panjangnya aja otak saya langsung melorot jauh ke bawah, bikin saya kebelet BAB.

Trensletan yang selama setaunan ini masih saya kerjain dengan senang hati cuma yang dari WordPress.com. Tiap beberapa hari sekali, via email, saya dikirimin beberapa set materi yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah profesional. Saya tinggal cek, kalo oke, bisa langsung dipake WordPress. Enak to? Gak pake nguras otak.

Tapi yang begitupun saya mulai bosen. 19 set materi jongkok manis di inbox dan belum saya sentuh sama sekali. Di tangan saya juga lagi ada makalah yang harus terbit Jumat besok, dan sekarang saya mengais-ngais dunia mencari pelipur rasa bosan, mencari pemantik semangat, mencari kemampuan yang tak pernah saya miliki: berkomitmen.

Bosan ini membunuhku… kata D’masiv. Kalo reputasi saya sebagai pekerja profesional yang reliable hari ini tercoreng dan tercireng begitu saja cuma karena rasa bosan, tentu bisa dibahayangkan apa yang terjadi kelak: saya gak laku. Maka saya mati.

Saya yakin kalo rasa bosan ini teratasi, materi se-mbulet apapun pasti bisa saya habisi. Sekarang, bijimana biar rasa bosan cepat teratasi ketika deadline sudah meng-gupuh’i?

Ni Hao Ma? Wo, Ciaaat!!

image

Pelajaran anak kelas 1 SD kan guuaaaampang-gampang yah… Matimatika ya cuman ngitung-ngitung. Pengetahuan alam ya belum banyak hapalannya. Lagian ngapain dihapalin wong apa yang dipelajari ada di sekitar selalu — bisa dilihat, diraba, ditelanjangi, bahkan dimakan. Ya to?

Trus mata pelajaran Bahasa Inggris juga cuma seputar hello how are you good morning sir may i pee on your face?

Nggak ada yang sulit. Buat saya. Saya yakin bagi Anda juga nggak sulit. Tapi rupanya cukup sulit buat anak kelas 1 SD, khususnya anak saya.

Di bidang pengetahuan alam, dia nggak ada masalah. Dia bisa ulangan dapat 100 tanpa persiapan. Matematika… sudah dibantuin belajar sampek pusing ini emaknya, cuman bisa dapat 70. Bahasa Inggris… dia selalu butuh bantuan saya dalam mempelajari materi dari gurunya.

Bahasa Mandarin… lhaaaa iki… ini saya sendiri nggak bisa. Tiap dia minta diajarin bahasa Mandarin, saya cuma bisa bilang, “Waduh… yang itu Mama ga bisa…”

Boro-boro Mandarin, bahasa Madura aja saya gak bisa! Ya saya ngerti sih kalo denger kerabat ngomong ching-chong-ugly… meski cuma dikit-dikit, little-little, xiao-xiao. Cuman kalo disuruh ngomong Mandarin, langsung jadi gagu saya…

Selama bertahun-tahun hidup dengan jaringan internet, bahkan kadang saya sampe merasa hidup saya tuh berlangsung di dalam jaringan internet. Saya pake internet untuk cari duit, sosialisasi dengan teman lama, untuk belajar hal baru, mendulang skill baru, mendalami ilmu yang sudah dikuasai. Banyak. Tapi kenapa saya ga pernah pake buat belajar bahasa Mandarin? Sekarang anak saya butuh, saya nyesel deh…

Masih mampukah akika belajar bahasa baru?

*ogok-ogok YouTube, ActiLingua, dkk*

Setahun Terbaik Dalam Hidup Saya

DSC00096

Kalo ditanya, “Andai kamu dibolehkan mengulang satu tahun dalam hidupmu, tahun mana yang akan kau ulang?”

Apa jawab Anda?

Pikir…

Pikir lagi…

Yakin?

Oke, simpan dulu jawaban Anda, karena saya mau cerita.

Kira-kira sehari sebelum bulan puasa, saya sama keluarga nyekar ke makam orangtuanya papa saya. Tempatnya jauh dari Blitar, jauh juga dari Surabaya. Lebih jauh lagi kalo dari Fak-fak.

My mom di makam bapak mertuanya :P

My mom di makam bapak mertuanya :P

Perjalanan yang panjang sebetulnya merupakan masalah buat saya karena… ahh… mungkin silit saya ini made in China, umur segini udah rusak. Tapi masalah silit harus saya lupakan, sebab tujuannya adalah desa kelahiran papa saya. Desa yang penuh kenangan dan inspirasi bagi saya pribadi.

Pernah dengar cerita tentang orang Samin? Yang pernah makan sekolahan pasti pernah belajar tentang sejarah orang Samin. Kalo lupa, Google belum tutup usaha kok ;)

Dalam diri saya mengalir darah Samin. Orang Samin itu tidak mau diatur begitu saja, Samin punya aturan sendiri. Begitu pula saya. Orang Samin berhati tulus, dan lembut, meskipun bicaranya kasar. Begitu pula… ehemm!!!

Masih banyak detil lain yang nggak mungkin saya jembretkan di sini… males ngetiknya. Intinya, Samin is cool. Nggak senegatif yang dulu pernah diterangkan guru saya yang super sotoy. Mungkin kalo dia tau ada Samin di kelasnya, dia bakal malu. Untung waktu itu saya sendiri belum tau kalo saya ini Samin dan pernah hidup dalam lingkungan orang Samin selama satu tahun penuh — di desanya papa saya.

Saya dan mantan sekolahan di desa :D

Saya dan mantan sekolahan di desa :D

Selama 30-an tahun saya hidup, saya pernah tinggal di beragam kota dan lokasi di Indonesia. Keluarga saya nomaden. Saya kadang bocah ndeso, kadang nona metropolitan. Kadang saya anak kampung, kadang cewek gedongan. Di manapun tempatnya, bagaimanapun kondisinya, apapun bahasanya, saya harus dan (untungnya) selalu bisa menyesuaikan diri. Tapi cuma di desa orang Samin saya merasa tak perlu beradaptasi. Ada sejenis rasa kedamaian yang indah ketika kita bisa mengalir saja sebagai diri sendiri, tak sekejap pun perlu menjadi sesuatu yang lain cuma demi diterima sekitar kita. Dari situ saya jadi mengenal diri saya.

Setelah setahun di sana, waktunya pindah kota lagi. Saya bawa serta apa-apa yang saya temukan di sana.

Ketulusan.

Kejujuran.

Kesederhanaan.

Serta keberanian untuk berkata tidak pada semua yang merasa berkuasa atas diri saya.

Sejak meninggalkan desa itu 20-an tahun yang lalu, saya tak pernah mau berubah kalo cuma untuk sekedar diterima di lingkungan saya yang baru. Saya adalah saya, mereka suka atau nggak itu bukan urusan saya.

….

Dunia di luar desa orang Samin bagi saya seperti… seperti kata Om Ahmad Albar: panggung sandiwara. Banyak kepura-puraan. Bahkan saya rasa terlalu banyak sehingga saya sering ngayal punya pulau sendiri, mendirikan negara sendiri di atasnya, bersama semua orang yang paling saya cintai. Tapi mikir harga pulau…

Akhirnya saya ngayal punya mesin waktu. Ingin saya mengulang masa setahun saya di desa itu. Sangat ingin.

 

Asongan On Facebook

Terakhir naik kereta ekonomi, Blitar-Surabaya, saya perhatikan jumlah pedagang asongan nampaknya menurun cukup drastis. Saya bilang ‘nampaknya’ karena saya sendiri gak yakin apakah (1) jumlah mereka memang berkurang, atau (2) pas saya naik kereta mereka lagi summer holiday ke manaaa gitu…, atau (3) saya nggak liat karena memang sering sengaja merem pura-pura tidur pas mereka pada lewat…

Pokoknya setau saya mereka nggak sebanyak dulu. Dulu mereka jualan tuh sampe mengular berdempet-dempet di tengah gerbong sambil lomba teriak — menyesakkan dunia semua orang kere yang sudah merasa sengsara jauh sebelum kehadiran mereka di kereta bau itu — sekarang cuma yaaah… Sekali-kali aja lewatnya…

Jadinya sekarang kalo naik kereta ekonomi jurusan Blitar-Surabaya, dan sebaliknya, saya nggak harus selalu menyumpal telinga saya dengan musik metal-dut yang disetel full volume hanya demi menghindari teriakan-teriakan asongan yang nadanya jelas…random…

Saya nggak menghina, memang begitu kenyataannya. Random. Kan…? Nadanya…? Iya kan?

Selain nggak harus nutup kuping, saya juga nggak harus nutup mata hanya demi biar nggak ditawarin dagangan para pengasong kereta. Dengan demikian, makin banyak penampakan-penampakan seger yang bisa saya cerapi dengan seksama. Yang saya maksut dengan penampakan seger di sini bisa sawah, punggung-punggung gunung, berondong seksi… Uhuk!! *batuk darah

Turun kereta, trus ngesot, sampe rumah mood masih ceria meski agak capek. Nggak terlalu bete. Dan biasa saya kalo lagi seneng pasti sambil mantengin timeline di Facebook. Kalo ada status yang layak dilabrak, saya labrak. In a good way, of course.

Baca punya baca, scroll punya scroll, saya perhatikan, makin hari kok makin banyak aja yang jualan di Facebook. Sampe cabe keriting pun ada! Yang belum ada mungkin cuma pedagang yang jualan temannya sendiri…

!!!NEW!!! Andre Hartanto. Bisa digantung, dikoleksi, atau buat mainan anak. Cuma 30.000 aja sist! Buruan sebelum diorder yang lain!!!

Ahh… Sayangnya ga ada…

Lanjut…

Dengan menurunnya jumlah pedagang asongan di kereta yang sering saya tumpaki, yang ternyata diikuti oleh meningkatnya jumlah pedagang asongan di Facebook, saya jadi mikir… apa pedagang asongan yang di kereta itu pada pindah ladang ke Facebook ya? Mungkin yang dulu suka teriak-teriakin kerupuk ikan, sekarang jualan hape supercopy? Mungkin yang dulu suka tau-tau ngelemparin remote TV ke paha saya sekarang jualan gamis modern? Dan yang dulu jualan buku mewarnai mungkin sekarang jualan krim pembesar payudara?

Dengan segala ketulusan hati saya berharap yang jualan di Facebook itu memang mereka… Alhamdulillah lah yaaah… Saya ikut senang :) Bagi saya itu merupakan kemajuan, peningkatan. Meski mungkin kadang hasilnya nggak sebanyak jualan di spoor, setidaknya mereka nggak perlu teriak-teriak lagi. Dan saya bisa menghemat batre hape karena nggak perlu muter musrik kenceng-kenceng sepanjang perjalanan saya. Well, cukup scroll down sedikit dan mereka pun terlupakan.

Hai!

Lama nggak nulis, diajak ngetik jari-jari ini rasa kaku jadinya. Otak juga gak gablek ide, seakan dunia ini sudah kehabisan topik yang menarik untuk ditulis.

Okay so, selama gak nulis, saya sibuk sendiri. Sempat kerja di stasiun TV dan itu menyita hampir seluruh waktu saya sampe akhirnya saya memutuskan out setelah 40 hari bertahan dengan jam kerja yang panjang dan gaji yang… yaaah gitu deh… Meski sebetulnya saya kerja di situ nggak nyari duitnya, tapi lama-lama tersiksa juga. Tiap hari kerja bisa 10 jam, kadang 12 jam nggak ketemu anak-anak. Pulang kerja anak-anak sudah tidur. Pagi baru bangun tidur badan saya sudah capek duluan, gak ada tenaga buat ngurus anak-anak. Weleh, boro-boro ngurus anak… buat main sama anak aja gak kuat.

Trus keluar… ngurusin bisnis yang seret. Kadang berkebun dan menyaksikan kematian demi kematian tanaman saya yang kalo dilihat dari usianya sebetulnya belum pantas mati. Kadang ya nyanyi-nyanyi kalo pas kurang kerjaan. Kalo lagi iseng notok, nyanyinya sambil direkam, trus kalo lagi pede ngepol… upload ke Soundcloud.

 

Sudah dulu. Mau nyiapin sarapan… Nanti sore saya ngoceh lagi :D

feat-img

6 Elemen Kimia Yang Menarik dan (Sempat) Bikin (Saya) Penasaran

 VANADIUM (V-23)

1-vanadiumDitemukan pada tahun 1801, nama Vanadium diambil dari nama seorang dewi Norwegia, Vanadis, karena warna-warnanya yang cantik. Tapi bukan sekedar cantik, ia juga mineral yang sangat kuat — bahkan terlalu kuat jika digunakan langsung tanpa dicampur bahan lain.

85% dari keseluruhan produksi vanadium disalurkan untuk produksi baja. 10% untuk produksi mesin jet (dicampurkan dengan titanium), dan 5% sisanya untuk kebutuhan lainnya.

Di sisi lain, elemen satu ini merupakan elemen dasar bagi beberapa makhluk hidup seperti hewan laut bernama bulu babi. Pada tubuh manusia, vanadium dapat berperan seperti insulin, dan dapat juga membantu meningkatkan efek insulin. Karena itu, vanadium kerap digunakan dalam perawatan penderita diabetes, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya seperti gula darah rendah, kolesterol tinggi, penyakit jantung, TBC, sifilis, anemia, edema, kanker, juga untuk meningkatkan performa dalam olahraga angkat beban.

GERMANIUM (Ge-32)

2-germaniumGermanium tersedia dalam dua bentuk: organik dan non-organik. Germanium non-organik yang merupakan hasil sampingan dari pemrosesan mineral seng (zinc), lazim dikenal sebagai bahan pembuatan transistor, IC dan sejumlah komponen elektronik lainnya. Sedangkan germanium organik dikenal dapat membunuh bakteri dan ditemukan dalam bahan makanan seperti ginseng, bawang putih, serta lidah buaya.

KRYPTON (Kr-36)

3-kryptonKrypton adalah gas tak berbau, tak berwarna, dan tak beracun yang langka. Kita bisa menemukan krypton (dikombinasikan dengan argon) dalam lampu fluorescent rumahan, juga lampu flash untuk fotografi. Mungkin itulah kenapa Superman tak pernah muncul di sekitar kita — takut sama lampu dan kamera foto!

Meski tergolong tak beracun, menghirup krypton dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan pusing, mual, muntah, atau bahkan tak sadarkan diri. Kematian dapat terjadi jika korban pingsan di tengah jalan tol yang ramai lancar :P

RUTHENIUM (Ru-44)

4-ruthenium

Dengan titik didih di atas 4000 °C, ruthenium merupakan salah satu anggota keluarga mineral platinum (anggota lainnya: rhodium, palladium, osmium, iridium, dan tentu saja, platinum). Ia juga tergolong sangat langka dan biasanya hanya digunakan untuk membuat platinum dan palladium jadi makin anti-aus. Menariknya, ruthenium juga digunakan pada beberapa tipe pena Parker. Seperti pada Parker 51 yang ujungnya bertanda ‘RU’, terdapat kandungan 96,2% ruthenium dan 3,8% iridium.

CESIUM (Cs-55)

5-cesiumBerwana emas keperakan, cesium adalah satu dari beberapa macam metal yang mencair pada suhu 28,4 °C atau suhu ruang, dan merupakan elemen yang sangat reaktif. Jika terkena air, cesium akan meledak dan meninggalkan cesium hidroksida (CsOH) yang dapat mengikis kaca dengan cepat.

Cesium dikenal sebagai bahan. yang digunakan dalam jam atom seperti NIST-F1 milik Amerika Serikat yang sangat akurat. Jam atom seperti ini diperkirakan tidak akan meleset sedetikpun dalam kurun waktu lebih dari 60 juta tahun. Pertanyaannya, apa jam atomnya bakal masih ada 60 juta tahun nanti?

HOLMIUM (Ho-67)

6-holmiumMeski tergolong langka, sebetulnya jumlah holmium di dunia ini 20 kali lebih banyak dibanding perak. Namun, seperti halnya elemen-elemen langka yang lain, holmium umumnya bukan elemen bebas — ia diperoleh dari dalam mineral lain seperti monasit dan bastanasit.

Holmium memiliki sifat magnetik yang luar biasa. Karena keistimewaannya ini, ia digunakan dalam produksi magnet. Dalam bentuk lainnya, yakni Holmia (holmium oxide) digunakan untuk membuat kaca berwarna kuning atau merah. Meski nampaknya agak beracun, holmium dapat menstimulasi kerja sistem metabolisme tubuh dan dipakai dalam perawatan penderita kanker serta batu ginjal. Tambang holmium terbesar ada di Cina, Amerika Serikat, Brazilia, India, Sri Lanka dan Australia.


 

PS: Dikumpulkan dari USGS Minerals, Chemicool.comCancer.org dan Lenntech.com. Mohon dikoreksi bila ada informasi yang tidak akurat.

Royal starfish (Astropecten articulatus)

6 Bintang Laut Tercantik di Dunia (versi anak saya hehe…)

Crown-of-thorns starfish (Acanthaster planci)

Seperti diisyaratkan dalam namanya,  hewan ini memiliki duri-duri di sekujur tubuhnya — dan durinya berbisa, pemirsa! A. planci tersebar luas di seluruh dunia, terutama di perairan subtropis dari Laut Merah hingga Samudera Hindia, juga dari Samudera Pasifik sampai pesisir barat Amerika Tengah.

A. planci dewasa biasanya berukuran 25-35 cm dengan 21 tangan. Sebagai pemakan terumbu karang, seekor A. planci dewasa bisa melahap 6 meter persegi terumbu karang setiap tahunnya. Karena itu, spesies ini bisa menjadi ancaman terhadap kelestarian terumbu karang  jika populasinya terlalu tinggi.

Egyptian sea star (Gomophia egyptiaca)

Egyptian sea star atau Bintang Laut Mesir hanya ditemukan di pesisir Afrika Timur dan Madagaskar pada kedalaman sekitar 6-7 meter. Seperti kebanyakan bintang laut lainnya, G. egyptiaca bisa meregenerasi sendiri bagian-bagian tubuhnya yang rusak, terputus atau sengaja dilepaskannya sendiri untuk mengelabui lawannya.

Granulated sea star (Choriaster granulatus)

Bintang laut nan gembul ini dapat ditemukan sedang asik makan lumut, terumbu dan bangkai-bangkai hewan di atas karang perairan dangkal di seluruh dunia. C. granulatus dapat tumbuh hingga 27 cm.

Panamic cushion star (Pentaceraster cumingi)

Anggun dan lemah gemulai, mungkin bisa jadi sebutan yang cocok buat P. cumingi. Spesies ini dapat ditemukan di sekitar Semenanjung Panama dan Kepulauan Mutiara hingga ke bagian utara Samudera Pasifik. Mereka adalah pemangsa remis dan teritip dan dapat tumbuh hingga 45 cm.

Fakta menariknya, P. cumingi butuh waktu hingga 6 jam hanya untuk ‘mengunyah’ seekor remis. Itulah kenapa saya menyebutnya lemah gemulai.

Royal starfish (Astropecten articulatus)

Di sepanjang pesisir timur Amerika Utara, ada satu jenis bintang laut cantik bernama Royal Starfish (Astropecten articulatus) atau mungkin Bintang Laut Raja jika dibahasa-indonesiakan. Meski dapat hidup di kedalaman 2 km, A. articulatus lebih suka tinggal di kedalaman 200-300 meter di bawah laut.

Tidak seperti kebanyakan jenis bintang laut lainnya, A. articulatus memakan mangsanya utuh-utuh. Cangkang kerang atau rumah siput laut bukan masalah karena mulut mereka mempunyai 5 rahang yang kuat. Tangan A. articulatus dapaat tumbuh hingga 9 cm.

Sunflower star (Pycnopodia helianthoides)

Bintang laut matahari adalah jenis bintang laut terbesar di dunia. Ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan 16-24 tangan. Meski berukuran raksasa, bintang laut ini tergolong gesit. Mereka bisa bergerak secepat 1 meter per menit dengan menggunakan 15.000 kakinya yang berbentuk tabung-tabung kecil di bagian bawah tubuhnya.

P. helianthoides dapat ditemukan sedang menyantap bulu babi, kerang, atau siput laut di pesisir Amerika Utara, mulai Alaska hingga California.

 

PS: Sekedar catatan buat dongengin anak saya. Dikumpulkan dari berbagai sumber (terutama Wikipedia hehe…) keakuratan informasi mungkin perlu diragukan.

Prepositions — Pake ‘on’ atau ‘at’ atau ‘in’?

Preposition adalah kata sambung dalam kalimat, seperti ‘on’, ‘at’, dan ‘in’ yang akan kita bahas kali ini. Preposition biasanya digunakan untuk menunjukkan arah, lokasi, waktu, atau memperkenalkan suatu obyek.

Tak ada aturan atau rumusan baku dalam memilih dan menggunakan preposition atau kata sambung. Namun kita bisa mempelajari penggunaannya dengan mengidentifikasi kata sambung dalam kalimat bahasa Inggris yang kita baca atau dengar. Berikut beberapa contoh penggunaan ‘on’, ‘at’, dan ‘in’.

On

  • I put an egg on the kitchen table.
  • The paper is on my desk.
  • The garbage truck comes on Wednesdays.
  • I was born on the 14th day of June in 1988.
  • He is on the phone right now.
  • She has been on the computer since this morning.
  • My favorite movie will be on TV tonight.
  • The stick hit me on my shoulder.
  • He kissed me on my cheek.
  • I wear a ring on my finger.
  • Everything in this store is on sale.
  • The building is on fire.

At

  • I will meet you at 12 p.m.
  • The bus will stop here at 5:45 p.m.
  • There is a party at the club house.
  • There were hundreds of people at the park.
  • We saw a baseball game at the stadium.
  • Please email me at abc@defg.com.
  • He laughed at my acting.
  • I am good at drawing a portrait.

In

  • She always reads newspapers in the morning.
  • In the summer, we have a rainy season for three weeks.
  • The new semester will start in March.
  • She looked me directly in the eyes.
  • I am currently staying in a hotel.
  • My hometown is Los Angeles, which is in California.
  • This painting is mostly in blue.
  • The students stood in a circle.
  • This jacket comes in four different sizes.
  • In preparing for the final report, we revised the tone three times.
  • A catch phrase needs to be impressive in marketing a product.
  • I believe in the next life.
  • We are not interested in gambling.

Diterjemahkan dan disesuaikan dari: TalkEnglish.com | Prepositions, “On”, “At”, and “In”

PS: English Notes adalah kumpulan catatan penulis dalam hal bahasa Inggris. Ditulis berdasar pengetahuan dan pengalaman pribadi — koreksi, saran, dan masukan disambut dengan gembira.

how do you do

‘How do you do’ atau ‘How are you’?

Pada suatu hari di sebuah kantor…
Fatoni: This is Mr. Grant, our new General Manager…
Sugeng: How do you do, Sir!
Mr. Grant: How do you do!

Keesokan harinya…
Sugeng: Hello Sir, how are you?
Mr. Grant: Very well, thanks!

Jadi, apa beda antara ‘how do you do’ dengan ‘how are you’?

HOW DO YOU DO!

  1. Meskipun dimulai dengan ‘how do’, ungkapan ini bukan sebuah pertanyaan melainkan pernyataan yang artinya mirip dengan ‘Nice/Pleased to meet you’ atau ‘Senang berkenalan dengan Anda’.
  2. Umumnya ‘how do you do’ digunakan dalam perkenalan pertama yang suasananya formal (seperti dalam contoh pertama di atas).
  3. Seperti disebutkan sebelumnya, ‘how do you do’ bukan sebuah kalimat tanya. Dan lazimnya, ‘how do you do’ cukup ditanggapi dengan ‘how do you do’ juga.
  4. ‘How do you do’ masih lazim digunakan di Inggris, namun sudah sangat jarang digunakan di Amerika. Bagi orang Amerika, ‘Nice to meet you’ sudah cukup sopan.

HOW ARE YOU?

  1. Lazimnya digunakan ketika si pembicara sudah kenal dengan lawan bicaranya.
  2. ‘How are you?’ adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban, sama halnya dengan sapaan, ‘Apa kabar?’, maka sebaiknya dijawab.
  3. Kadang ‘How are you?’ juga bisa diutarakan pada perkenalan pertama. Namun biasanya suasana perkenalan ini cenderung santai dan akrab.
  4. Di telinga orang Amerika, ‘how are you doing’ terdengar lebih familiar ketimbang ‘how are you’. Tak jarang juga mereka menggunakannya dalam suasana formal.

PS: English Notes adalah kumpulan catatan penulis dalam hal bahasa Inggris. Ditulis berdasar pengetahuan dan pengalaman pribadi — koreksi, saran, dan masukan disambut dengan gembira.

Si Pemalu & Orang Gila

Kemaren, pada booth kasir di sebuah swalayan…

Saya: (nyodorkan duit seratusribuan)
Mbak Kasir Yang Cantik: Ada tigaribu??
Saya: (ogok-ogok kantong) Buat Mbak, apa sih yang nggak ada…?
Misua: Harusnya aku yang godain dia, kok malah kamu?
Saya: Ya sudah, godain sono…! (trus saya bisikin Mbak Kasir) Mbak, ada pisau, Mbak… Itu lho suami saya mau godain Mbak…
Mbak Kasir Yang Cantik: hahahaha…
Misua: Ini orang memang agak devian, Mbak… (and by ‘Ini orang’ he meant ‘Istri saya’)
Mbak Kasir Yang Cantik: (kayaknya gak ngeh ‘devian’ itu apa, mukanya bingung)
Saya: Lhooo aku ini cuma mewakili kamu… Aku kan tau perasaanmu… Wkwkwkwkwk!
Misua: (ngeloyor keluar swalayan, sepertinya malu, wkwkwkwk!)

***

Kira-kira 11 tahun sebelumnya, saya dan misua yang baru menyandang status PDKT, jalan ke Tunjungan Plaza Surabaya. Dan arti ‘jalan’ di sini bener-bener harafiah: kita jalan kaki dari kampus ke TP. Dan itu bulan puasa, dan itu siang bolong. Inilah kencan pertama kami. Ehehe…

Pada kencan pertama, saya dandan spesial: celana jeans yang biasanya saya pake dan belum dicuci entah berapa minggu. Pake sabuk yang biasanya dengan kepala sabuk di pinggul sebelah kiri (bukan tepat di tengah perut seperti lazimnya orang pake sabuk). Ini juga seperti biasa. Dan pake kaos yang biasanya, dan kebalik seperti biasa — sisi dalam di luar, sisi luar di dalam. Tatanan rambut juga seperti biasa… model rambut kuntilanak baru bangun tidur.

Masuk TP, pintu depannya kan bisa buka-tutup sendiri. Dengan wajah ndeso saya teriak, “Waaaah belum dibuka kok sudah buka-buka sendiri?!”

Satpam yang jaga di belakang pintu senyum-senyum maklum, maka saya sapa, “Selamat siang Paaaak…”

Dan misua (tapi waktu itu statusnya masih pacar-bukan-teman-juga-bukan) langsung nyeret saya menjauh dari situ.

Itu bukan hari pertama saya masuk mall. Tapi di tengah-tengah mall, saya teriak lagi, masih dengan wajah ndeso yang sama, “Wuuuuiiih, gueeeede ya pasarnyaaa?!

Dan tangan misua langsung membungkam mulut saya. Dia malu.

Dia pemalu. Mengingat sifatnya ini rasanya saya beruntung: ada orang pemalu yang mau sama saya yang bobot-bibit-bebetnya manteb begini :D

DSC06876

Air Bisa Melubangi Batu, Softlens Bisa Nancep di Mata

Ini cerita dari ruang UGD sebuah rumah sakit di Blitar. Waktu itu anak saya terpaksa saya larikan ke UGD, tapi ini cerita bukan tentang anak saya melainkan tentang orang lain yang kebetulan seruangan dengan anak saya di ruang UGD.

Seorang gadis remaja dilarikan masuk pake ranjang dorong karena kecelakaan sepeda motor. Di dalam ruang UGD, dia ditanya-tanya soal kejadiaan naas yang menimpanya…

Cewek: Trus tau-tau ada kucing nyebrang, trus saya banting setir ke kanan trus jatuh…
Dokter: Nyetir sendiri apa dibonceng?
Cewek: Nyetir sendiri…
Dokter: Lain kali kalo ada kucing nyebrang tabrak aja. Daripada kamu yang bonyok mending kucingnya kan yang bonyok?

Mbak Perawat kedipin Pak Dokter seakan kirim kode, “Ya nggak bisa gitu juga kali, Doook…”

Dokter: (seakan bergumam sendiri sambil ngeloyor balik ke mejanya) Tapi ya susah juga kalo terpengaruh mitos…

Cek punya cek, dokter anggap si cewek cuma luka ringan. Nggak ada tulang yang patah, cuma beset-beset di tangan, dan kaki. Maka Mbak Perawat pun langsung membersihkan luka-lukanya dengan cekatan. Celana jeans si cewek diguntingnya…

Mbak Perawat: Saya gunting ngawur aja nggak pa-pa ya… Nanti dibenerin sendiri di penjahit biar jadi 3/4, keren!

Setelah berhasil mengoperasi celana jeans, Mbak Perawat ambil kapas, alkohol dan betadine. Kena alkohol dan betadine, si cewek pun menggelinjang sambil mengaduh-ngaduh kesakitan. Nggak cuma aduh, dia juga nangis. Dan air matanya… darahhh…

Semua yang ada di dalam situ sejenak terperanjat. Heran kok bisa nangis darah?! Dengan wajah khawatir, dokter bertanya, “Tadi apa pake kacamata?”

Cewek: Nggak…
Emaknya Si Cewek: Tadi pake softlens?
Cewek: Iya…
Dokter: Coba dilepas softlens-nya…

Mbak Perawat segera membersihkan jari-jari si cewek dari kuman dan kotoran, kemudian dia ambilkan kaca. Si cewek bangkit dari baringnya, duduk, kemudian sambil pegang kaca dia ogok-ogok mata kirinya… satu softlens berhasil dicopot. Lanjut ke mata kanan…

Setelah lama berusaha nyopot softlens-nya, akhirnya dia teriak, “KOK NGGAK BISA DICOPOOOOOT??”

Dan dia nangis darah lagi. Makin banyak nangis, makin banyak darah keluar dari matanya. Saya ngeliat sambil tutup mata. Ngeri booook!!

Sepertinya perkiraan dokter sama dengan perkiraan saya: bola mata si cewek luka kena softlens-nya sendiri. Tapi dokter nggak bisa berbuat apa-apa selain kasi rujukan ke rumah sakit mata buat operasi matanya. Kalo jahit-jahit kecil aja dia bisa (katanya si dokter itu) tapi kalo suruh obok-obok mata orang ya gak bisa. Sambil nulis surat rujukan, dia geleng-geleng dan bergumam sendiri, “ABG sekarang aneh-aneh aja yang dipake…”

Kayanya dokter satu ini hobi nggeremeng…

:)

sidebarPemirsa, memang softlens kelihatannya nggak bahaya karena bahannya tipis dan lembut. Tapi ternyata bisa nancep di mata juga… Saya nggak ngerti begimana ini bisa terjadi. Tapi setelah menyaksikan kejadian itu, saya jadi wanti-wanti diri sendiri untuk menghindari penggunaan softlens. Kalo suatu hari nanti mata saya minus, atau plus, atau silinder, lebih baik saya pake kacamata aja. Kalopun mengalami kecelakaan dan kacamata pecah, setidaknya masih ada kemungkinan mata saya sempat merem ketika ada pecahan kacamata yang hendak menusuk mata. Meski ada juga kemungkinan saya nggak sempat merem menghindari pecahan kacamata, tapi bandingkan kalo pake soflens — merem juga percuma wong bendanya memang sudah nempel di mata.

Mbak Perawat: Lukanya sudah saya bersihkan semua, sekarang kamu saya dandani biar cantik lagi. Kayak bajak laut sih, tapi keren kok… (ngikik sendiri)
Dokter: (nahan ketawa)

Maka dipasanglah perban di mata kanan si cewek ABG. Sementara softlens-nya masih nancep di mata.